Tips sederhana Menulis berita dengan baik

cara Menulis berita
Berita adalah sebuah informasi tentang suatu peristiwa aktual yang dimuat di media massa. Cara Menulis berita memerlukan keterampilan dalam membuat cerita itu semakin menarik dan enak dibaca. Dalam menulis suatu berita ada baiknya di berikan tambahan berupa gambar atau foto dan video Berikut ini adalah beberapa Tips sederhana cara Menulis berita dengan baik untuk disajikan caranya adalah dengan menggunakan rumus 5W + 1H berikut ini adalah penjabarannya:
What adalah Konten yang berisikan materi tentang berita apa yang akan ditulis Misalnya berita kriminal, bisnis politik ataukah berita olah raga.
When merupakan bentuk keterangan waktu yang jelas tentang peristiwa yang terjadi dalam berita Misalnya, Hari senin 20 Nov 2014 pk 11.00 terjadi pertandingan sepak bola yang menghebohkan antara italia dan argentina Keterangan, hari tanggal dan jam peristiwa akan memperkuat isi berita yang akurat
Who hampir semua berita pasti ada tokoh utama atau subyek yang berperan dalam peristiwa itu, Jangan sampai Anda menulis berita tanpa mencantumkan tokoh atau orang yang utama waktu kejadian. kalau anda ingin belajar menulis berita coba lihat beberapa contoh di Kompasiana disitus tersebut banyak artikel tentang beragam macam berita
Where menunjukkan keterangan sebuah lokasi atau tempat kejadian peristiwa itu terjadi. Misalnya: Hari ini di Jakarta sedang terjadi Demo di duga pelaku utama penyebab demo itu terjadi adalah seorang pemain sepak bola asing yang melakukan kecurangan dalam pertandingan olahraga tersebut.
Why atau Kenapa Sesuai peribahasa tak ada asap kalau tak ada api. Tak ada peristiwa kalau tak ada penyebabnya. Di sinilah seni membuat berita. Anda harus cermat dalam menyajikan berita. Carilah narasumber yang menulis berita lebih dari satu agar kualitas berita anda berimbang.
How menceritakan tentang bagaimana berita yang diliput bisa terjadi apa saja dampak positif dan negatif setelah peristiwa itu terjadi.

Menulis Berita Olahraga di Media Online

Selain mematuhi rumus 5W+1H Anda juga harus menggunakan kosa kata yang tepat dan bahasa yang mudah dipahami. Menulis berita di media cetak maupun online pada dasarnya sama. Namun dalam jurnalistik generasi baru, karakter bahasa sederhana, mudah dimengerti dan hemat kata menjadi hal perbedaanya. Selain itu, menulis berita bola dan olahraga secara online terdapat berbagai macam kategori yang pendukung yang menjadi cirikhas naskah online dalam artikel ini anda akan melihat contoh tulisan tentang situs penyedia Berita olahraga yaitu MSPORTS.net portal berita bola dan olahraga terkini tentunya sebuah review yang dapat dijadikan bahan untuk melatih diri di dalam menulis berita olahraga.
Cara menulis berita bisa dari Dari beragam kegiatan jenis pertandingan bola baik nasional maupun internasional akan ada banyak hal yang dapat dituliskan menjadi sebuah berita, bisa peristiwa pertandingan, profil atlet, hasil akhir dan masih banyak lagi. Selanjutnya anda tinggal menentukan jenis berita olahraga apa yang sedang trend saat ini atau yang sedang terjadi. Saya rasa cukup sekian dulu terima kasih sudah membaca Tips sederhana cara Menulis berita dengan baik semoga dapat bermanfaat
home